Uncategorized
Istiqomah Di Atas Sunnah

Istiqomah Di Atas Sunnah

Bismillah

Segala puji hanya bagi Allah Rabbul alamin.

Shalawat dan salam untuk uswah dan qudwah kita Nabi penutup, Nabi terakhir Rasulullah Muhammad ﷺ beserta seluruh keluarga shahabat dan semua yang mengikutinya hingga akhir zaman kelak.

Qodarullah, ini tulisan pertama saya di web sekolahremajamuslim, smoga bisa istiqomah menulis bercerita kepada bapak ibu orangtua murid Tulisan pertama judulnya Istiqomah di atas Sunnah. Istiqomah untuk terus beribadah serta beramal hanya kepada Allah dan hanya untuk Allah ﷻ dan untuk dapat istiqomah maka kita perlu belajar bab aqidah.

Ulama menjelaskan aqidah adalah aqdu atau ikatan. Ikatan apa? Ikatan manusia dengan yang Maha Mencipta yaitu Allah Robbul alamin.

Aqidah adalah ilmu yang mulia dan yang paling panjang didakwahkan oleh Nabi ﷺ, selama kurang lebih 13 tahun di kota Makkah. Nabi ﷺ tidak berbicara ilmu lain (hukum), Nabi hanya bicara aqidah terutama aqidah tauhid.

Dalilnya ayat-ayat Makkiyah (turun sebelum hijrah) diawali dengan “Wahai manusia…” sedangkan ayat-ayat Madaniyah banyak diawali dengan “Wahai orang-orang beriman…”

Dan lihat dampak dari aqidah yang bersih dan lurus? Allah ﷻ puji dan muliakan para shahabat serta Allah menjamin mereka dengan surga (QS At Taubah; 100).

Nabi melalui lisannya juga menjamin 10 shahabat yang Allah ﷻ jamin surga-Nya bahkan ketika mereka masih hidup di dunia (HR Tirmidzi).

Apa lagi kemuliaan yang didapat dari aqidah yang lurus dan bersih? Allah ﷻ bentangkan imperium Islam dari Madinah sampai Andalusia. Aqidah juga yang membuat kita mau terus melangkah terus berjalan karena kita beriman kepada Allah dan Hari Akhir. Kita beriman Allah memiliki surga dan Allah memiliki neraka. Aqidah juga yang membuat anak-anak kita terus mau beribadah walau sedang dirundung malas. Aqidah ini juga yang membuat anak-anak kita mau terus beribadah tanpa harus kita suruh. Insya Allah.

Dan kunci belajar ilmu aqidah adalah menjauhkan diri dari dosa. Imam Ibnu Qayyim Al Jauzi rahimahullah dalam kitabnya Ad Daa wa Ad Dawaa menjelaskan bahwa dosa dan maksiat mendatangkan kemalasan, kegelapan dan kehinaan bagi pelakunya. Wal iyadzu billah.

Oleh karenanya aqidah jadi bahasan utama di Sekolah Remaja Muslim Utsman ibn Affan mulai dari yang paling sederhana dan dasar yaitu apa itu Islam, Iman, dan Ihsan. Apa yang Allah maksud dengan kalimat La ilaaha illaallaah dan konsekuensi dari kita bersyahadat. Jangan sampai anak-anak kita tidak paham hal ini karena jika tidak paham maka ini jadi musibah kelak.

Beberapa kitab rujukan aqidah yang kami gunakan antara lain:

  1. Tiga Landasan Utama karya Syaikh Muhamad bin Abdul Wahhab.
  2. Jalan Golongan yang Selamat karya Syaikh Muhammad Jamil Zainu.
  3. Syarah Aqidah Ahlus Sunnah wal Jamaah karya Ustadz Yazid bin Jawas.

Terakhir guru kami ustadz Saiful Bahri hafidzahullah selalu berpesan, belajar aqidah memang tidak dapat ijazah tetapi kemuliaan dan kejayaan yang Allah janjikan pasti diberikan.

Semoga Allah ﷻ jaga kita dan anak anak kita selalu dan teguhkan kita di atas sunnah Nabi-Nya. Allahul musta’an

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *