Menghidupkan Bulan Dzulhijjah,

Amalan-amalan ringan berpahala besar:

@sekolahremajamuslim

1. Shalat witir walau hanya 1 rakaat.

Dari ‘Ali bin Abi Thalib Radhiyallahu anhu, Rasulullah ﷺ bersabda:

إِنَّ اللهَ وِتْرٌ يُحِبُّ الْوِتْرَ، فَأَوْتِرُوْا يَاأَهْلَ الْقُرْآنِ.

Sesungguhnya Allah itu ganjil & menyukai orang-orang yang melakukan shalat Witir, maka shalat Witirlah, wahai para ahli al-Quran (HR. Abu Dawud, Tirmidzi, Nasa-i Ibnu Majah, dan Ahmad).

2. Dzikir pagi petang.

فَاذْكُرُونِي أَذْكُرْكُمْ وَاشْكُرُوا لِي وَلَا تَكْفُرُونِ

Karena itu, ingatlah kamu kepada-Ku niscaya Aku ingat (pula) kepadamu, dan bersyukurlah kepada-Ku, dan janganlah kamu mengingkari (nikmat)-Ku (QS Al Baqarah 152).

3. Membaca 1 halaman Alquran.

Dari Aisyah Radhiyallahu ‘anha Nabi ﷺ bersabda, Seorang yang lancar membaca Alquran akan bersama para malaikat yg mulia dan senantiasa selalu taat kepada Allah, adapun yang membaca Al Quran dan terbata-bata di dalamnya dan sulit atasnya bacaan tersebut maka baginya dua pahala (HR. Muslim).

4. Berwudhu dengan sempurna.

Dari Uqbah bin Amir Radhiyallahu ‘anhu, Tidaklah seorang muslim berwudhu lalu menyempurnakan wudhunya kemudian bangkit melakukan sholat dua rakaat menghadapkan wajah dan hatinya (pada Allah) kecuali wajib baginya surga (HR Muslim).

5. Bersedekah walau sedikit.

مَثَلُ الَّذِينَ يُنْفِقُونَ أَمْوَالَهُمْ فِي سَبِيلِ اللَّهِ كَمَثَلِ حَبَّةٍ أَنْبَتَتْ سَبْعَ سَنَابِلَ فِي كُلِّ سُنْبُلَةٍ مِئَةُ حَبَّةٍ وَاللَّهُ يُضَاعِفُ لِمَنْ يَشَاءُ وَاللَّهُ وَاسِعٌ عَلِيمٌ

Permisalan (nafkah yang dikeluarkan) di jalan Allah adalah serupa sebutir benih yang menumbuhkan tujuh bulir, pada tiap bulir seratus biji. Allah melipatgandakan (ganjaran) bagi siapa yang Dia kehendaki. Dan Allah Maha Luas (karunia-Nya) lagi Maha Mengetahui (QS. Al Baqarah 261).

Semoga Allah menerima semua amal ibadah kita. Aamiin.

Amalan Ringan Bulan Dzulhijjah

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *